
Lokasi: Sogn og 
Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: 
Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi 
Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan 
fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun 
dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : 
Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, 
sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana 
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di 
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara 
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," 
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University
 of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. 
"Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang 
dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa 
solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru 
terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver 
konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi
 menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi 
dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa 
terowongan yang lebih kecil.

2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai 
Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai
 pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20
 miliar.
Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan 
Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan 
ratusan tahun yang lalu. "Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun 
terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik 
teknis dan politik," kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern,
 dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka 
dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun 
terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi
 kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.

Latar
 Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion 
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
 Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai 
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion 
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan 
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan 
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, 
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
 selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.

Latar
 Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk 
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan 
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
 telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. 
Mengapa
 Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko 
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun 
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, 
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan 
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
 selama dua tahun. 

Background:
 Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi 
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya 
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
 Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang 
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus 
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan 
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan 
kedalaman maksimum 180 meter.

Latar Belakang: 
Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; 
panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan 
dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah 
dalam terowongan rekayasa.
Mengapa Unik : 
"Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya
 konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah 
tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan 
oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara 
struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, 
menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan 
Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung 
akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan 
Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. 
Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar 
kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.

Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil
 ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi 
selesai pada tahun 1988.
Mengapa Unik : 
Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah 
terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil 
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan 
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur 
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
 menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah 
sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San
 Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan
 gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, 
Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka 
pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan 
terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan
 untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.

Latar Belakang : Tiga terowongan yang 
berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah 
satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. 
Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, 
terowongan keempat ditemukan.
Mengapa 
Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga 
dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah 
Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer 
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput 
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara 
dan Korea Selatan.

Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini 
dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti 
batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam 
jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari 
keberadaan terowongan ini.
Mengapa 
Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta
 api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api 
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
 tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu 
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur 
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow 
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke 
delapan.

Latar Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan 
dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di 
tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu 
jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel 
menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya 
salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu 
adalah terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik 
adalah bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana 
badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang 
mengalir ke Atlantik.

Latar Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah
 kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar
 Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, 
fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi 
dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di 
gunung.
Mengapa Unik : Karyawan di kompleks ini 
bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki, 
perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang 
jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus batu granit
 padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit merupakan batu 
yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur pelindung itu sangat 
baik."

13. MailRail
Lokasi : London, 
Inggris
Latar Belakang: 
Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman
 surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, 
tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun 
rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.
Mengapa Unik
 : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan 
terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di 
London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak 
menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan 
melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, 
berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. 
Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika 
terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.

14. Tokyo 
Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar Belakang: Jembatan dengan
 panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan 
gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi
 sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang 
lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa Unik
 : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia, 
tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu 
masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau, 
yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi "kunang-kunang 
laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari 
toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.

Latar Belakang : Kanada pada musim dingin 
bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat
 besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. 
Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah
 serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis 
dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto 
membuat terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk 
faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk 
kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan 
kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem
 signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, 
dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah 
yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka 
menuju selatan, sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang 
berjalan ke barat.
Latar 
Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting 
dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan 
Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar 
lebih dari 150 mil.
Mengapa Unik : Sistem terowongan Vietkong 
dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi 
tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung 
dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan 
mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana 
serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter,
 sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang 
lebih besar.

Latar Belakang : Jika terowongan ini sudah 
selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi terpanjang 
dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan 
Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu untuk 
penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah meningkat 
sebesar miliaran euro.
Mengapa Unik : Meskipun pegunungan, 
perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan tetap pada 
ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. "Kebutuhan untuk 
mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan penting jika Anda ingin
 menjalankan rel kecepatan tinggi melalui terowongan," kata Hashash. Dan
 sementara biaya proyek telah meningkat, terowongan dapat memainkan 
peran penting dalam meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia, 
Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.

18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar Belakang : Struktur buatan manusia 
ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan 
naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.
Mengapa Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan 
berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah 
yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke 
Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi 
marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan 
ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »
