7. Amazon
Ranking 2013: 8
Ranking 2012: 2
Ranking 2012: 10
Brand value 2013: USD 36,78 miliar
Brand value 2012: USD 28,66 miliar
Brand value 2011: USD 17,78 miliar
Amazon merupakan perusahaan e-commerce Amerika Serikat. Mereka juga berstatus sebagai online retailer terbesar di dunia.
Meski
awalnya merintis bisnis dengan jualan buku secara online, lambat laun
Amazon melakukan diversifikasi bisnis. Seperti turut menjual DVD,
download MP3, video game, elektronik, apparel, furniture, makanan,
hingga perhiasan.
Perusahaan yang dipimpin oleh Jeff Bezos ini
juga punya gadget populer bernama Kindle. Yang awalnya cuma sebatas
e-book reader itu kini sudah bertransformasi menjadi tablet PC Kindle
Fire.
6. GE
Ranking 2013: 7
Ranking 2012: 7
Ranking 2011: 7
Brand value 2013: USD 37.16 miliar
Brand value 2012: USD 33,21 miliar
Brand value 2011: USD 30,50 miliar
General
Electric (GE) sudah lama menyandang sebagai perusahaan konglomerasi
Amerika. Dengan slogan 'imagination at work', perusahaan ini beroperasi
dalam banyak bidang: energi, infrastruktur teknologi, capital finance,
serta consumer, industrial dan penerbangan, serta masih banyak lagi.
5. IBM
Ranking 2013: 6
Ranking 2012: 4
Ranking 2011: 4
Brand value 2013: USD 37,72 miliar
Brand value 2012: USD 39,13 miliar
Brand value 2011: USD 36,15 miliar
International Business Machines Corporation (IBM) merupakan perusahaan yang dikenal sudah banyak makan asam garam di jagat TI.
Terutama
untuk urusan layanan software, riset dan pengembangan, serta membangun
super komputer juga menjadi spesialisasi perusahaan Amerika ini.
IBM
dilaporkan memliki 12 laboratorium besar yang seluruh dunia. Dari
sinilah inovasi teknologi IBM lahir dan menjadi aset penting perusahaan
lewat hak paten yang dikantonginya.
Sejumlah karyawan IBM pun
telah merebut penghargaan prestisius, di antaranya adalah 5 Nobel
Prizes, 6 Turing Awards, 10 National Medals of Technology, serta 5
National Medals of Science.
Sejumlah inovasi teknologi yang
dianggap ada campur tangan IBM adalah automated teller machine (ATM),
floppy disk, hard disk drive, magnetic stripe card, Universal Product
Code (UPC), financial swap, SABRE airline reservation system, DRAM, dan
Watson artificial intelligence.
4. Microsoft
Ranking 2013: 4
Ranking 2012: 3
Ranking 2011: 2
Brand value 2013: USD 45,53 miliar
Brand value 2012: USD 45,81 miliar
Brand value 2011: USD 42,80 miliar
Pengguna
komputer mana yang tak kenal Microsoft? Atau mungkin mereka beneran tak
kenal, tetapi telah menggunakan produk ciptaan perusahaan asal Redmond
ini, seperti OS Windows, Microsoft Office (Word, Excel, dll) ataupun
Internet Explorer.
Ya, Microsoft merupakan salah satu raksasa
teknologi dunia. Meski lebih dikenal sebagai pembuat sistem operasi
Windows, namun perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini juga cukup
berjaya di ranah IT enterprise.
Selain itu, mereka juga sudah
lumayan serius untuk terjun dengan membuat gadget sendiri. Salah satu
yang tengah didorong sekarang ini adalah tablet Surface untuk menggoyang
popularitas iPad dan tablet Android.
3. Google
Ranking 2013: 3
Ranking 2012: 2
Ranking 2011: 1
Brand value 2013: USD 52,13 miliar
Brand value 2012: USD 47,46 miliar
Brand value 2011: USD 44,29 miliar
Jika
Microsoft dikenal sebagai raksasa software, maka Google adalah
raksasanya internet. Mesin pencari menjadi senjata andalan Google saat
merintis bisnis internet untuk pertama kali.
Namun kini, Google
tak cuma mesin pencari. Sudah banyak layanan internet hebat lain hasil
kreasi Google. Seperti Google Maps, Street View, Google+, dan masih
banyak lagi.
Google pun telah bertransformasi menjadi mesin iklan
luar biasa di internet, sehingga sukses mengatrol kekayaan perusahaan
besutan Larry Page dan Sergey Brin itu.
Oh iya, jangan lupakan
pula hegemoni Android yang sekarang juga sudah jadi milik Google.
Popularitasnya di perangkat mobile sudah tak terbantahkan.
Dan yang kini tengah dinanti adalah, kelahiran si kacamata pintar Google Glass yang masih misterius.
2. Samsung
Ranking 2013: 2
Ranking 2012: 6
Ranking 2011: 18
Brand value 2013: USD 58,77 miliar
Brand value 2012: USD 38,19 miliar
Brand value 2013: USD 21,51 miliar
Samsung
sukses mendobrak persaingan jagat teknologi dari raksasa IT asal
Amerika dan Jepang. Geliat persaingan sang vendor asal Korea Selatan ini
pun sudah terlihat sejak tahun 2011.
Bahkan, kini brand Samsung
disebut termahal kedua di dunia teknologi dengan banderol USD 58,77
miliar. Padahal pada tahun 2011, mereka cuma berada di posisi ke-18.
Namun
dengan sejumlah terobosan yang diusungnya, Samsung sukses mencuri
perhatian. Terutama di bisnis ponsel dengan mengusung brand Galaxy.
Samsung
pun sukses menggeser Nokia sebagai raja ponsel dunia setelah menjadi
vendor yang membuat perangkat genggam terbesar sejagat.
1. Apple
Ranking 2013: 1
Ranking 2012: 1
Ranking 2011: 8
Brand value 2013: USD 87,30 miliar
Brand value 2012: USD 70,60 miliar
Brand value 2011: USD 29,54 miliar
Apple
sekali lagi didaulat menjadi perusahaan teknologi yang memiliki brand
paling mahal di dunia. Dengan banderol USD 87,3 miliar, pembuat iPhone
dan iPad itu sukses mengalahkan raksasa teknologi lainnya.
Kekuatan
Apple jelas hadir dari bisnis gadget. Mulai dari lini produk komputer
Mac, pemutar musik digital iPod, smartphone iPhone, serta tablet PC iPad
menjadi motor pemasukan perusahaan berlogo apel groak tersebut.
Meski
berstatus gadget premium, Apple nyatanya mampu menyihir jutaan
pelanggan untuk membeli produknya. Kondisi ini pun terus berlanjut saat
sang legenda -- Steve Jobs -- berpulang. Sang penerus, CEO Apple Tim
Cook, sukses menjawab kepercayaan tersebut dengan menjaga posisi Apple
sebagai perusahaan teknologi paling mahal sejagat.
« Prev Post
Next Post »