Lokasi: Sogn og
Fjordane, Norwegia
Latar Belakang:
Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi
Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan
fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun
dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik :
Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton,
sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University
of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda.
"Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang
dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa
solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru
terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver
konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi
menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi
dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa
terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai
Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai
pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20
miliar.
Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan
Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan
ratusan tahun yang lalu. "Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun
terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik
teknis dan politik," kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern,
dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka
dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun
terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi
kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
Latar Belakang:
Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan;
panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan
dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah
dalam terowongan rekayasa.
Mengapa Unik :
"Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya
konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah
tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan
oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara
struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar,
menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan
Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung
akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan
Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai.
Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar
kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil
ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi
selesai pada tahun 1988.
Mengapa Unik :
Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah
terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah
sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San
Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan
gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki,
Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka
pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan
terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan
untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.
Latar Belakang : Tiga terowongan yang
berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah
satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an.
Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990,
terowongan keempat ditemukan.
Mengapa
Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga
dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah
Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara
dan Korea Selatan.
Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini
dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti
batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam
jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari
keberadaan terowongan ini.
Mengapa
Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta
api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
delapan.
Latar Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan
dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di
tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu
jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel
menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya
salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu
adalah terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik
adalah bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana
badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang
mengalir ke Atlantik.
Latar Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah
kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar
Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin,
fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi
dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di
gunung.
Mengapa Unik : Karyawan di kompleks ini
bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki,
perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang
jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus batu granit
padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit merupakan batu
yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur pelindung itu sangat
baik."
13. MailRail
Lokasi : London,
Inggris
Latar Belakang:
Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman
surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19,
tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun
rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.
Mengapa Unik
: Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan
terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di
London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak
menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan
melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam,
berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan.
Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika
terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo
Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar Belakang: Jembatan dengan
panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan
gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi
sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang
lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa Unik
: Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia,
tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu
masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau,
yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi "kunang-kunang
laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari
toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.
Latar Belakang : Kanada pada musim dingin
bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat
besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto.
Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah
serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis
dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto
membuat terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk
faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk
kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan
kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem
signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an,
dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah
yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka
menuju selatan, sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang
berjalan ke barat.
Latar
Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting
dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan
Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar
lebih dari 150 mil.
Mengapa Unik : Sistem terowongan Vietkong
dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi
tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung
dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan
mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana
serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter,
sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang
lebih besar.
Latar Belakang : Jika terowongan ini sudah
selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi terpanjang
dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan
Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu untuk
penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah meningkat
sebesar miliaran euro.
Mengapa Unik : Meskipun pegunungan,
perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan tetap pada
ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. "Kebutuhan untuk
mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan penting jika Anda ingin
menjalankan rel kecepatan tinggi melalui terowongan," kata Hashash. Dan
sementara biaya proyek telah meningkat, terowongan dapat memainkan
peran penting dalam meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia,
Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.
18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar Belakang : Struktur buatan manusia
ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan
naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.
Mengapa Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan
berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah
yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke
Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi
marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan
ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »